Posted by : Unknown Kamis, 11 Agustus 2016

OLEH BELLA CHYNTIA

Buku teks biasanya dibuat sebagai sumber informasi ilmiah yang digunakan baik oleh masyarakat umumnya maupun oleh kalangan masyarakat ilmiah, yang dibuat oleh ahli keilmuan tertentu. dosen  atau widyaiswara  untuk mata kuliah, mata diklat  yang diajarkannya, bisa jadi seorang guru ,  dosen dan widyaiswara membuat buku pelajaran  yang tidak diajarkannya asal menguasai ilmunya. (wuryanto, 2010)

A.     Prinsip Relevansi
secara internal bahwa kurikulum memiliki relevansi di antara komponen-komponen kurikulum (tujuan, bahan, strategi, organisasi dan evaluasi). Sedangkan secara eksternal bahwa komponen-komponen tersebutmemiliki relevansi dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi peserta didik (relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan masyarakat (relevansi sosilogis). (SUDRAJAT, 2008)
B.      Prinsip Konsistensi
Tujuan standar konsistensi tersebut adalah untuk memberikan jaminan bahwa auditor puas mengenai daya banding laporan keuangan di antara dua periode akuntansi tidak dipengaruhi secara material oleh perubahan prinsip akuntansi dan bahwa prinsip akuntansi tersebut telah diterapkan secara konsisten di antara dua atau lebih periode akuntansi baik karena (1) tidak terjadi perubahan prinsip akuntansi, atau (2) terdapat perubahan prinsip akuntansi atau metode penerapannya, namun dampak perubahan prinsip akuntansi terhadap daya banding laporan keuangan tersebut tidak material. (wikipedia, 2010)
C.      Prinsip Kecukupan
Prinsip kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit, dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya. (sukasmo, 2012)
Prinsip kecukupan, artinya materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit, dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai SK dan KD. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya. (PRISNAMASARI, 2014)















DAFTAR PUSTAKA

PRISNAMASARI, T. (2014). MAKALAH PRINSIP-PRINSIP BAHAN AJAR. bandung: Tatik Prisnamasari.
SUDRAJAT, A. (2008, 01 31). Prinsip Pengembangan Kurikulum. Retrieved 08 11, 2016, from tentang PENDIDIKAN AKHMAD SUDRAJAT: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/31/prinsip-pengembangan-kurikulum/
sukasmo. (2012, 09 04). PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN BAHAN AJAR. Retrieved 08 11, 2016, from guraru: http://guraru.org/guru-berbagi/prinsip_prinsip_pemilihan_bahan_ajar/
wikipedia. (2010, 04 10). Konsistensi. Retrieved 08 11, 2016, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Konsistensi
wuryanto, a. (2010, 09 02). Pembuatan Buku Teks Pelajaran. Retrieved 08 11, 2016, from Belajar jadi Guru: https://aguswuryanto.wordpress.com/2010/09/02/pembuatan-buku-teks-pelajaran/


Nama                          :Bella Chyntia Hapsari
Nama Panggilan         : Bella Beng-Beng
Hobby                          : Menyanyi
Sekolah                        :SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto                          : KITA AKAN SUKSES JIKA BELAJAR DARI KESALAHAN
DOWNLOAD DISINI!!!


Leave a Reply

silahkan memberi saran saya :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © bellabengbeng - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -