Posted by : Unknown
Kamis, 11 Agustus 2016
OLEH BELLA
CHYNTIA
Buku teks biasanya dibuat sebagai
sumber informasi ilmiah yang digunakan baik oleh masyarakat umumnya maupun oleh
kalangan masyarakat ilmiah, yang dibuat oleh ahli keilmuan tertentu. dosen atau widyaiswara untuk mata kuliah, mata diklat yang diajarkannya, bisa jadi seorang guru
, dosen dan widyaiswara membuat buku
pelajaran yang tidak diajarkannya asal
menguasai ilmunya. (wuryanto, 2010)
A.
Prinsip Relevansi
secara internal bahwa kurikulum
memiliki relevansi di antara komponen-komponen kurikulum (tujuan, bahan,
strategi, organisasi dan evaluasi). Sedangkan secara eksternal bahwa
komponen-komponen tersebutmemiliki relevansi dengan tuntutan ilmu pengetahuan
dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi peserta didik
(relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan masyarakat
(relevansi sosilogis). (SUDRAJAT, 2008)
B.
Prinsip Konsistensi
Tujuan standar konsistensi tersebut
adalah untuk memberikan jaminan bahwa auditor puas mengenai daya banding
laporan keuangan di antara dua periode akuntansi tidak dipengaruhi secara
material oleh perubahan prinsip akuntansi dan bahwa prinsip akuntansi tersebut
telah diterapkan secara konsisten di antara dua atau lebih periode akuntansi
baik karena (1) tidak terjadi perubahan prinsip akuntansi, atau (2) terdapat
perubahan prinsip akuntansi atau metode penerapannya, namun dampak perubahan
prinsip akuntansi terhadap daya banding laporan keuangan tersebut tidak
material. (wikipedia, 2010)
C.
Prinsip Kecukupan
Prinsip kecukupan artinya materi
yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai
kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit, dan tidak
boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai
standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan
membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya. (sukasmo, 2012)
Prinsip kecukupan, artinya materi
yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai
kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit, dan tidak
boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai SK dan
KD. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang
tidak perlu untuk mempelajarinya. (PRISNAMASARI, 2014)
DAFTAR PUSTAKA
PRISNAMASARI, T. (2014). MAKALAH
PRINSIP-PRINSIP BAHAN AJAR. bandung: Tatik Prisnamasari.
SUDRAJAT, A. (2008, 01 31). Prinsip Pengembangan
Kurikulum. Retrieved 08 11, 2016, from tentang PENDIDIKAN AKHMAD
SUDRAJAT:
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/31/prinsip-pengembangan-kurikulum/
sukasmo. (2012, 09 04). PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN BAHAN
AJAR. Retrieved 08 11, 2016, from guraru: http://guraru.org/guru-berbagi/prinsip_prinsip_pemilihan_bahan_ajar/
wikipedia. (2010, 04 10). Konsistensi. Retrieved 08
11, 2016, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Konsistensi
wuryanto, a. (2010, 09 02). Pembuatan Buku Teks
Pelajaran. Retrieved 08 11, 2016, from Belajar jadi Guru:
https://aguswuryanto.wordpress.com/2010/09/02/pembuatan-buku-teks-pelajaran/
Nama :Bella Chyntia Hapsari
Nama Panggilan :
Bella Beng-Beng
Hobby :
Menyanyi
Sekolah :SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto : KITA AKAN SUKSES JIKA BELAJAR
DARI KESALAHAN
DOWNLOAD DISINI!!!

