Posted by : Unknown
Kamis, 04 Agustus 2016
OLEH BELLA BENG-BENG
Kebutuhan Pelanggan -
Perusahaan dapat mendefinisikan pasar sasaran namun gagal memahami kebutuhan
pelanggan. Meskipun pemasaran adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan,
memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tidak selalu merupakan tugas yang sederhana.
Beberapa pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari. Atau mereka
tidak dapat mengutarakan kebutuhankebutuhan ini. Atau mereka menggunakan bahasa
yang membutuhkan penafsiran. (belajar, 2014)
Pangsa Pasar Proyek - adalah (market segment) bagian dari
keseluruhan permintaan suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen menurut
ciri khasnya, seperti dari tingkat pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan,
dan juga status sosial. Market share ialah bagian pasar yang dikuasai oleh
suatu perusahaan dan seluruh potensi jual, biasanya dinyatakan dalam
persentase. Atau Pangsa pasar (market share) adalah persentase total dari
penjualan suatu perusahaan (dari seluruh sumber) dengan total penjualan jasa
ataupun produk dalam industri. (N, 2015)
Faktor Lingkungan Eksternal
- Lingkungan
eksternal atau lingkungan yang berada di luar organisasi saling mempertukarkan
sumber dayanya dengan organisasi tersebut dan tergantung satu sama lain.
Organisasi mendapatkan input (bahan baku, uang, tenaga kerja) dari lingkungan
eksternal, kemudian ditransformasikan menjadi produk dan jasa sebagai output
bagi lingkungan eksternal.Definisi lingkungan eksternal adalah sebagi berikut: (Oktari, 2011)
·
Lingkungan
eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk
mempengaruhi perusahaan (Chuck Williams, 2001:51).
·
Lingkungan
eksternal terdiri dari unsur-unsur di luar perusahaan yang sebagian besar tak
dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer
(T.Hani Handoko, 1999:62).
Dalam analisis lingkungan industri,
perlu dilakukan pengkajian kelompok yang berkepentingan dari perusahaan dalam
suatu industri, yaitu pemasok dan pelanggan, serta tiga pemain utama yang
berperan dalam industi yaitu perusahaan, para pesaing, dan pelanggan.
Lingkungan industri adalah sejumlah faktor yang mempengaruhi langsung suatu
perusahaan, dan aksi serta reaksinya (Devinta, 2015)
Kepuasan Pelanggan - Kepuasan pelenggan merupakan suatu
tingkatan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan dari pelenggan dapat
terpenihi yang akan mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan
yang berlanjut (Band, 1991). Faktor yang paling penting untuk menciptakan
kepuasan konsumen adalah kinerja dari agen yang biasanya diartikan dengan
kualitas dari agen tersebut (Mowen, 1995).
Produk jasa berkualitas mempunyai
peranan penting untuk membentuk kepuasan pelanggan (Kotler dan Armstrong, 1996).
Semakin berkualitas produk dan jasa yang diberikan, maka kepuasan yang
dirasakan oleh pelanggan semakin tinggi. Bila kepuasan pelanggan semakin tinggi,
maka dapat menimbulkan keuntungan bagi badan usaha tersebut. Pelanggan yang
puas akan terus melakukan pembelian pada badan usaha tersebut. Demikian pula
sebaliknya jika tanpa ada kepuasan, dapat mengakibatkan pelanggan pindah pada
produk lain. (Musanto, 2014)
DAFTAR PUSAKA
belajar. (2014, 04 04). KEBUTUHAN
PELANGGAN. Retrieved 08 04, 2016, from SS BELAJAR:
http://www.ssbelajar.net/2014/04/kebutuhan-pelanggan.html
Devinta, C. (2015, 10 26). Pentingnya Kajian Lingkungan
Eksternal dan Industri bagi Strategi Perusahaan. Retrieved 08 04, 2016,
from linkedin:
https://www.linkedin.com/pulse/pentingnya-kajian-lingkungan-eksternal-dan-industri-consulting-group
Musanto, T. (2014). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan
Loyalitas Pelanggan: Studi. surabaya: jurnalmanajemen.petra.
N, S. (2015, 04 08). Inilah Pengertian Pangsa Pasar
Terlengkap. Retrieved 08 04, 2016, from PENGERTIAN APAPUN:
http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-pangsa-pasar-terlengkap.html
Oktari, K. E. (2011, 11 23). FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN
EKSTERNAL MIKRO DAN MAKRO. Retrieved 08 04, 2016, from Khaerunisa Eka
Oktari:
http://khaerunisaekaoktari.blogspot.co.id/2011/11/faktor-faktor-lingkungan-eksternal.html
NAMA : BELLA CHYNTIA HAPSARI
NAMA PANGGILAN : BENG-BENG
SEKOLAH : SMK
ISLAM 1 BLITAR
ALAMAT
: JL.KELUD NO 115
MOTTO : KITA AKAN SUKSES JIKA
BELAJAR DARI KESALAHAN
INI TULISAN KU KLIK DISINI