Posted by : Unknown
Rabu, 27 Juli 2016

Kebutuhan Pelanggan
Perusahaan dapat mendefinisikan pasar sasaran
namun gagal memahami kebutuhan pelanggan. Meskipun pemasaran adalah memenuhi
kebutuhan secara menguntungkan, memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan
tidak selalu merupakan tugas yang sederhana. Beberapa pelanggan memiliki
kebutuhan yang tidak mereka sadari. Atau mereka tidak dapat mengutarakan
kebutuhankebutuhan ini. Atau mereka menggunakan bahasa yang membutuhkan
penafsiran. Apa artinya jika pelanggan meminta mobil yang "tidak
mahal", mesin pemotong rumput yang "kuat", mesin bubut yang
"cepat", baju renang yang "menarik", atau hotel yang
"tenang"? Kita dapat membedakan lima jenis kebutuhan :
v Kebutuhan yang diutarakan
(pelanggan menginginkan sebuah mobil yang tidak mahal)
v Kebutuhan nyata (pelanggan
menginginkan sebuah mobil dengan biaya operasi yang rendah, bukannya harga beli
yang murah)
v Kebutuhan yang tidak
diutarakan (pelanggan mengharapkan pelayanan yang baik dari penyalur)
v Kebutuhan
kegembiraan/delight (pelanggan membeli mobil dan mendapatkan hadiah peta jalan
dalam suatu negara)
v Kebutuhan rahasia
(pelanggan ingin dipandang teman-temannya sebagai konsumen cerdas berorientasi
nilai)
Faktor-Faktor
Lingkungan Eksternal
Lingkungan Eksternal
Lingkungan
eksternal atau lingkungan yang berada di luar organisasi saling mempertukarkan
sumber dayanya dengan organisasi tersebut dan tergantung satu sama lain.
Organisasi mendapatkan input (bahan baku, uang, tenaga kerja) dari lingkungan
eksternal, kemudian ditransformasikan menjadi produk dan jasa sebagai output
bagi lingkungan eksternal. Definisi lingkungan eksternal adalah sebagi berikut:
• Lingkungan eksternal adalah semua kejadian
di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan (Chuck
Williams, 2001:51).
• Lingkungan eksternal terdiri dari unsur-unsur
di luar perusahaan yang sebagian besar tak dapat dikendalikan dan berpengaruh
dalam pembuatan keputusan oleh manajer (T.Hani Handoko, 1999:62).